APA YANG DIMAKSUD DENGAN ALAT-ALAT HADITS ?


بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته




(*) Pesan Imam An-Nawawiy Abu Zakariya Yahya bin Syarof :
.
[….Artinya : Sesungguhnya di antara ilmu-ilmu yang paling penting adalah ilmu pengetahuan tentang pemeriksaan hadits-hadits Nabi yang mulia, yakni mengetahui matan-matannya, baik yang shohih, hasan, dan dho’ifnya, demikian pula sisa dari bagian-bagian hadits yang lainnya. Dalilnya adalah bahwa syariat kita ini dibangun di atas Alqur’an dan riwayat-riwayat sunnah, dan As-Sunnah lah yang menjadi poros mayoritas hukum-hukum fikih; karena sebagian besar ayat-ayat furu’ itu sifatnya umum (mujmalaat), sedangkan penjelasanya ada di dalam Sunnah-Sunnah Nabi yang muhkam.
.
Para ‘Ulama telah sepakat bahwa di antara syarat seorang mujtahid qodhi atau mufti adalah harus berilmu tentang hadits-hadits hukum. Maka validlah apa yang telah kami sebutkan tadi bahwa menyibukkan diri dengan hadits-hadits Nabi merupakan ilmu yang sangat penting sekali, bahkan ia adalah keutamaan yang paling baik serta merupakan taqorrub yang paling ditekankan, bagaimana tidak demikian ?!.. bukankah ilmu tersebut meliputi penjelasan tentang keadaan Nabi sebagai makhluk yang paling utama?!. Alloh menyampaikan sholawat, salam, dan berkah yang terbaik untuknya.
.
Sungguh para ‘Ulama di zaman dahulu lebih banyak disibukkan dengan hadits Nabi, hingga dalam sebuah majelis hadits berkumpul padanya ribuan para Pelajar hadits, namun zaman ini semakin berkurang orang yang berminat mempelajari hadits, dan semangat untuk mempelajarinya pun menjadi sangat lemah, sehingga tidak tersisa dari mereka kecuali bekas-bekas (semangat) mereka yang sedikit saja. Hanya kepada Alloh kita memohon pertolongan atas musibah dan bencana ini.
Sungguh ada banyak keutamaan menghidupkan Sunnah-Sunnah yang dimatikan, yang tercantum dalam hadits-hadits Nabi yang telah diketahui dan popular. Dengan demikian, mestinya kita bersungguh-sungguh dan bersemangat dalam mempelajari ilmu hadits ; karena hal ini termasuk bagian dari nasehat kepada Alloh, Kitabnya, Rosulnya, kepada Para Imam, serta kepada kaum muslimin dan muslimat, dan inilah agama yang shohih dari Nabi_.
.
Dan sungguh alangkah tepatnya ucapan seseorang :
من جمع أدوات الحديث استنار قلبه واستخرج كنوزه الخفيات، وذلك لكثرة فوائده البارزات والكامنات وهو جدير بذلك فإنه كلام أفصح الخلق ومن أعطى جوامع الكلمات صلى الله عليه وآله وسلم صلوات متضاعفات
Artinya : Siapa yang mengumpulkan alat-alat hadits (ilmu-ilmu alat secara detail), tentu otaknya akan bercahaya, dan akan mampu mengeluarkan harta karun yang terpendam dalam hadits Nabi, karena hadits itu sangat banyak sekali faedahnya baik secara konkrit maupun abstrak, dan memang layak disifati demikian, karena hadits merupakan sabda makhluk yang paling fasih yang diberi oleh Alloh ungkapan-ungkapan simbolik bermakna (jawami’ul kalimat), Alloh menyampaikan sholawat dan salam untuk Beliau dan Keluarganya dengan sholawat yang berlipat-ganda. ]
.
.:.__Kitab Rujukan : Qowa'idut-Tahdits, Karya: Imam Jamaluddin Al-Qosimiy, Tahqiq: Muhammad Bahjat Al-Baythor__.:.

*Komentar saya : Kalau yang dimaksud dengan alat-alat hadits itu adalah bukan Nahwu, Shorof, Balaghoh dsb, lalu apa lagi ??.




_selesai_
Kunjungi Medsos Lembaga ini di :
*Instagram : https://bit.ly/2SPBWTo



Komentar

Postingan populer dari blog ini